Ahli Branding Indonesia Terbaik | SBC 085869690119

Pakar Branding Indonesia Terbaik, Informasi Seputar Pakar Branding di Indonesia. Oke sebelum membahas mengenai pakar branding Indonesia, berikut uraian atau informasi mengenai brand itu sendiri.

Ahli Branding Terbaik Indonesia SBC merupakan layanan branding untuk perusahaan untuk merek, produk, logo dan layanan untuk UKM di Indonesia. Ahli Branding SBC terdiri dari pakar branding dan ahli branding profesional.

Apakah Anda sedang mencari pakar branding Indonesia atau pakar branding Indonesia terbaik?
SBC (Solo Business Center) merupakan sebuah layanan branding terbaik untuk perusahaan Anda.
Kami merupakan Specialis Counsultant Business Center Branding Company.

SBC terdiri dari para tokoh ahli branding terbaik di Indonesia yang telah berpengalaman dalam melayani branding produk, branding merek, branding logo dan branding jasa layanan yang profesional. Kami di dukung oleh pakar branding Indonesia yang kompeten di bidangnya.

Jika Anda ingin menghubungi pakar-pakar ahli branding Indonesia bisa menghubungi:
Website Pakar Branding Indonesia: http://solobusinesscenter.id
Email Pakar Branding Indonesia: info@solobusinesscenter.id
Telphone Branding Pakar Branding Indonesia: +6285869690119

Pakar_Branding_Indonesia
Pakar Branding Indonesia


Apa itu Brand?
Berikut pengertian merek atau mrand  menurut pakar branding Indonesia (SBC). Brand bukan sekedar logo atau nama perusahaan Anda, melainkan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan Anda. Brand adalah kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk.

Pakar branding Indonesia SBC mengenai brand adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan – semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Ini adalah apa yang harus Anda perjuangkan, apa yang harus Anda lakukan, katakan dan tampilkan ke depan publik. Pengertian Merek atau Brand

Brand bagi sebuah perusahaan adalah reputasi bagi seseorang. Meskipun Anda mungkin menemukan beberapa hal yang membuat Anda tertarik dengan seseorang, namun untuk menciptakan hubungan yang mendalam, Anda haruslah memiliki nilai-nilai, peminatan, dan otentisitas yang sama. Hal yang sama juga berlaku bagi perusahaan. Koneksi yang mendalam dan tahan lama hanya bisa terjalin jika pelanggan dan klien berbagi nilai dengan Anda. Maka, semakin baik Anda mendefinisikan nilai-nilai Anda, bertindak berdasarkan nilai-nilai tersebut, dan mengkomunikasikannya dengan pelanggan Anda, semakin dalam pula koneksi yang Anda ciptakan.

Jangan anggap enteng brand, karena ia adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan. Brand memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan mendapatkan hasil jangka panjang.

Kenapa kami katakan demikian? Sebab, branding termasuk komponen penting yang ikut menentukan proses pengambilan keputusan membeli bagi pelanggan. Brand yang baik akan menempatkan perusahaan/ produk Anda di atas para pesaing Anda, dan membantu Anda menjadi pilihan utama. Brand, jika dikembangkan dengan baik, pun dapat menjadi wadah tunggal untuk mempromosikan bisnis, merangsang pengalaman yang unik, menciptakan ikatan khusus dengan pelanggan, serta memelihara konsistensi dengan kualitas layanan yang ditawarkan.

Satu hal yang harus Anda pahami adalah, kita hidup dalam masyarakat yang berorientasi sensorik. Artinya, kita mendasarkan penilaian kita pada hal-hal yang dapat diterima panca indera kita, seperti stimulasi visual, rasa,  bau, sentuhan dan suara, dan kita melakukan ini bahkan di alam bawah sadar kita. Jadi, kita sangat terbiasa mengait-kaitkan nama, kata ataupun simbol tertentu dengan harapan kualitas, konsistensi, layanan pelanggan dan lainnya.

Mengapa kita harus memahami hal itu? Sebab, hal itu akan sangat membantu kita dalam membuat brand yang baik. Idealnya, brand akan menjadi kepribadian, karakter dan jiwa perusahaan Anda. Brand akan menjadi perwujudan kepercayaan, antisipasi kualitas dan performa, serta yang paling penting, perasaan bahwa ini adalah identitas yang ingin Anda tunjukkan kepada pelanggan.



Pakar-Branding-di-Indonesia
Pakar Branding di Indonesia

Ambil contoh Starbucks. Begitu mendengar nama itu, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda? Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah identitas yang disematkan pada Starbucks. Itulah branding Starbucks.

Bagaimana menurut Anda tentang artikel ini? Komentar dan masukan Anda akan sangat kami hargai. Lihat juga tips bisnis lainnya di blog Sribu dengan men-klik link berikut.

Brand, Branding, Logo dan Identitas brand, kata-kata sederhana namun sulit untuk di ungkapkan, karena semua memiliki peran yang berbeda, yang bersama-sama, membentuk citra dan ditujukan untuk bisnis atau produk. Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar kalimat : Logo bukanlah brand (merek). Pernyataan tersebut mungkin sering kita dengar berulang kali, dan tentunya masih banyak orang diluar sana berpikir bahwa logo adalah brand.


Sumber referensi artikel pakar branding Indonesia:

- Wikipedia
- Website Top Brand
- Majalah Marketing
- Frontier Consulting Group

Top Brand Award - Pakar Branding Indonesia

Apa itu Top Brand Aword?


TOP Brand Award menurut Pakar Branding Indonesia adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada merek-merek yang meraih predikat TOP. Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian yang diperoleh dari hasil survei berskala nasional dibawah penyelenggaraan Frontier Consulting Group. Dengan semakin bertambahnya kategori yang diikutsertakan, Frontier Consulting Group membagi survei menjadi tiga fase dalam setahun dan TOP Brand Survei menjadi omnibus survei terbesar karena melibatkan jumlah responden yang sangat besar setiap tahunnya. Sampai akhir tahun 2013, TOP Brand Survei telah melibatkan lebih dari 12.500 responden di delapan kota besar dan tercatat hampir 500 kategori produk dan menghasilkan lebih dari 1000 merek yang mendapat predikat TOP.

Top Brand Award diberikan kepada merek-merek di dalam kategori produk tertentu yang memenuhi dua kriteria, yaitu:

1. Merek-merek yang memperoleh Top Brand Index minimum sebesar 10%.

2. Merek-merek yang menurut hasil survei berada dalam posisi top three di dalam kategori produknya.

Kedua kriteria ini harus dipenuhi oleh sebuah merek agar ia berhak menyandang predikat Top Brand. Dengan adanya dua kriteria ini, maka dalam 1 kategori produk tidak menutup kemungkinan terdapat lebih dari satu merek, maksimal 3 merek, yang meraih predikat Top Brand.


Metodologi Survei Top Brand - Pakar Branding Indonesia

Di awal tahun 2014 ini Frontier Consulting Group kembali mempersembahkan hasil survei TOP Brand terbaru yakni TOP Brand Fase 1 2014. Tahun ini menjadi tahun ke-15 Frontier Consulting Group telah melaksanakan TOP Brand Survei. Survei ini dilakukan di 8 kota, yaitu : Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, Pekanbaru dan Balikpapan. Jumlah sampel random di masing-masing kota adalah 500 orang. Sampel booster ditambahkan untuk masing-masing kategori produk yang termasuk produk premium dalam rangka meningkatkan incidence rate. Total responden random yang disurvei adalah 2700 orang, sedangkan responden booster sebesar 1400 orang.

Kriteria responden adalah pria atau wanita yang berusia antara 15 – 65 tahun dengan tingkat SES antara SES D (pengeluaran rata-rata lebih dari Rp. 750.000,- s/d Rp. 1.250.000,- per bulan) hingga SES A (pengeluaran rata-rata lebih dari Rp. 3.500.000,- per bulan).

Sampel diambil dengan metode multistage random sampling untuk sampel random, sementara untuk booster diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Survei dilaksanakan dengan metode face to face personal interview.

Top Brand Index diukur dengan menggunakan 3 parameter, yaitu top of mind awareness (yaitu didasarkan atas merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika kategori produknya disebutkan), last used (yaitu didasarkan atas merek yang terakhir kali digunakan/ dikonsumsi oleh responden dalam 1 re-purchase cycle), dan future intention (yaitu didasarkan atas merek yang ingin digunakan/ dikonsumsi pada masa mendatang).

Nilai masing-masing parameter untuk sebuah merek di dalam kategori produk tertentu diperoleh dengan cara menghitung persentase frekuensi merek tersebut relatif terhadap frekuensi keseluruhan merek.

TBI selanjutnya diperoleh dengan cara menghitung rata-rata terbobot masing-masing parameter.


Pakar Branding Indonesia Terbaik | Informasi Seputar Pakar Branding di Indonesia

Survey Methodology 2016 - Pakar Branding Indonesia



TOP BRAND PHASE 1 2016

Top Brand survey Phase 1 2016 consists of two panels. The first panel is B2C respondents and the second panel is B2B respondents. (Pakar Branding Indonesia)

Top Brand survey for B2Crespondentsinvolved 9900 random samples and 2500 booster samples. This survey was done in 15 (fifteen) cities, namely Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Malang, Surabaya, Medan, Makassar, Pekanbaru, Balikpapan, Banjarmasin, Palembang, Samarinda, Denpasar and Manado. Meanwhile, Top Brand survey for B2B respondentsinvolved 1600 companies located in Jabodetabek, Bandung, Surabaya and Medan.

The B2Crespondent criteriafor random samples are male or female, 15 - 65 years old, SES or monthly family spending categories from SES D (average spending of more than Rp. 1,200,000 per month) to SES A (average spending of more than Rp. 4.8 million per month). Meanwhile, the B2C respondent criteria for booster samples are SES A. These samples are used to increase the incidence rate of premium products.

The sampling method for B2C random samples is multistage random sampling whereas the method for B2C booster samples is purposive sampling. The survey was done through face-to-face personal interview by using structured questionnaire. The sampling method for B2B is stratified random sampling, by using business line as a database. The B2B respondents interviewed are those who are in charge of product purchasing in their respective companies, having Academy/Diploma education, and whose company has more than 50 employees.

Top Brand Index (TBI) is measured using 3 parameters, namely:
  1. Top of Mind awareness (based on brands first mentioned by respondents when they heard the product category).
  2. Last Used (based on brands last used/consumed by respondents in one re-purchase cycle).
  3. Future Intention (based on brands that respondents intend to use/consume in the future).

The value of each parameter for a brand in a particular product category is determined by calculating the frequency percentage of that brand relative to the frequency of all brands.

The TBI is then determined by calculating the weighted average of each parameter.



Top Brand Award is presented to brands in a certain product category that meet two criteria, namely:
  • Brands with Top Brand Index of minimum 10%, and
  • Brands that occupy the top three position in their product category.

These two criteria must be met by a brand in order to be eligible for the”Top Brand” title. Therefore, it is possible that in a product category there are more than one brand (maxmum three brands) win the Top Brand award.





Master Brand Award - Pakar Branding Indonesia


Master Brand Award adalah penganugerahan tertinggi untuk sebuah merek yang diberikan oleh Majalah Makassar Terkini berdasarkan hasil survey lembaga riset Makassar Research.

Master Brand Award Overview

Merek adalah salah satu asset perusahaan yang paling penting. Lebih dari sekadar identitas, merek dapat membentuk value /nilai sebuah perusahaan hingga puluhan kali lipat dari nilai buku perusahaan. Merek juga dapat menciptakan loyalitas jangka panjang. Merek yang paling berpengaruh atau menjadi “Master” adalah merek yang memiliki nilai tertinggi dari 5 parameter yang menjadi Master Brand Index.

Perkembangan bisnis di Kota Makassar demikian pesat dalam 1 dekade terakhir. Di tengah ketatnya persaingan merek dan bisnis, kebutuhan akan informasi mengenai merek yang paling dipilih oleh konsumen menjadi penting bagi pelaku bisnis maupun brand owner.

Berdasarkan hal tersebut, Majalah Makassar Terkini menggagas Master Brand Award, sebagai sebuah penghargaan yang diberikan kepada merek-merek yang telah sukses membangun dan mempertahankan ekuitasnya.

Pakar Branding Indonesia Mengenai Master Brand Award

Master Brand Award adalah penganugerahan tertinggi untuk sebuah merek yang diberikan oleh Majalah Makassar Terkini berdasarkan dari hasil riset yang dilakukan oleh sebuah Lembaga Riset Independen “Makassar Research” yang melibatkan 1000 responden penduduk tetap di daerah Makassar.

Master Brand Award dilaksanakan setiap tahun dan pertama kali dilaksanakan pada tahun 2011 di Makassar. Penganugerahan Master Brand Award tahun 2011 berlangsung di Grand Clarion Hotel tanggal 3 Maret 2011.

Metodologi Penelitian Master Brand Award

Pakar Branding Indonesia - Survey Master Brand dilakukan dalam lingkup wilayah Kota Makassar, dengan melibatkan 1000 Responden yang bermukim di Kota Makassar. Multistage Random Sampling digunakan sebagai Metode Sampling. Metodologi pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner dalam proses pengumpulan data.

Kriteria Responden, yaitu : Penduduk tetap Kota Makassar atau yang telah bermukim di Kota Makassar lebih dari 12 bulan (1 Tahun), pria/wanita dengan usia 18 tahun hingga 55 tahun, dan tingkat Status Ekonomi Sosial (SES) berada pada range SES E hingga SES A ( pengeluaran minimal Rp. 750.000,- / bulan hingga lebih dari Rp. 3.500.000,- / bulan ).

Master Brand Indeks diukur dengan menggunakan lima parameter yaitu merek yang paling diingat atau merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika kategori produknya disebutkan(awareness), merek yang terakhir dipakai oleh responden (market share), kepuasan terhadap merek (satisfaction), merek yang akan dipilih kembali di masa mendatang (future intention), dan merek yang paling direkomendasikan oleh responden kepada orang lain (most recommended). Kelima parameter ini digunakan untuk menentukan nilai total persentase/index terhadap sebuah merek. Nilai parameter ini diberinama Master Brand Index (MBI).

Kriteria Master Brand Award - Pakar Branding Indonesia

Merek yang berhak mendapat predikat Master Band adalah merek yang memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan oleh Makassar Research, yaitu :

    Merek yang memperoleh Master Brand Index di atas rata-rata industri kategorinya.
    Merek yang menurut hasil riset, berada pada urutan 3 (tiga) teratas dalam kategorinya.

Referensi Sumber Pakar Branding Indonesia:

Diposkan oleh
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Ahli Branding Indonesia Terbaik | SBC 085869690119. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://produkcreamsari.blogspot.com/2017/03/ahli-branding-indonesia-terbaik-sbc.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Solo Desain - Sabtu, 18 Maret 2017

1 Komentar untuk "Ahli Branding Indonesia Terbaik | SBC 085869690119"

  1. terimakasih infonya semoga bermanfaat. https://shopee.co.id/Jual-Madu-Cerdas-Anak-SQUABUMIN-BPOM-Asli-Bantu-Atasi-Speach-Delay-Si-Kecil-i.544441521.13630641581

    BalasHapus